Contoh Surat Lamaran Kerja 2021 Yang Baik dan Tepat

Contoh Surat Lamaran Kerja 2021 Yang Baik dan Tepat

Contoh surat lamaran pekerjaan. Untuk para Yang Ingin mencari kerja, surat lamaran kerja pasti sudah sangatlah akrab dengan dokumen surat lamaran kerja. Dimanapun Anda melamar pekerjaan, dokumen ini seringkali menjadi persyaratan yang harus sangat disiapkan. Ketika surat lamaran kerja dibuat dengan baik dan benar, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang dinginkan bisa segera terwujud. Pihak penyedia pekerjaan dapat menilai keseriusan Anda ketika melihat kualitas dari dokumen yang Anda buat ini. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda meluangkan waktu sedikit lebih lama guna menghasilkan surat yang berkualitas. Itu akan menjadi jalan untuk Anda bisa diterima di perusahaan yang dituju. Pengetahuan mengenai cara membuat surat lamaran yang benar memang sangatlah dibutuhkan. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang fatal yang mengakibatkan Anda gagal mendapatkan sebuah pekerjaan.





Apa Itu Surat Lamaran Kerja ?

Surat lamaran kerja merupakan sebuah dokumen yang harus dikirim oleh seorang yang ingin mencari  kerja untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Biasanya, surat ini dikirim melalui pos, atau langsung ke perusahaan terkait. Namun di jaman yang serba digital ini, surat lamaran kerja bisa dikirim melalui email. Ketika lamaran di terima, perusahaan biasanya akan menghubungi pelamar melalui kontak yang disertakan dalam dokumen tersebut.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

    - Menggunakan tata bahasa yang sopan dan baik

Dalam membuat surat lamaran kerja, Anda disarankan untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Apalagi jika perusahaan yang Anda tuju merupakan perusahaan besar sehingga memerlukan surat lamaran yang benar-benar baik. Jadi tidak bisa menggunakan kata-kata yang terkesan asal-asalan ketika membuat dokumen ini. Jika tulisan Anda rapi, peluang untuk diterima akan semakin besar.

   - Hindari Kesalahan Kata

Ini menjadi salah satu hal yang sering terjadi pada seorang pelamar pekerjaan. Karena tidak teliti, seringkali melakukan kesalahan dalam penulisan katanya. Perusahaan menganggap serius kesalahan ini, karena menganggap Anda tidak teliti dan khawatir akan berdampak kepada pekerjaan jika diterima. Untuk itu, buat surat lamaran kerja secara perlahan dan tidak terburu-buru.

   - Singkat Padat Dan Jelas

Perusahaan lebih menyukai sebuah surat lamaran yang isinya jelas, atau tidak bertele-tele. Jadi meski isinya tidak banyak, perusahaan sudah dapat mengetahui maksud dari isi surat tersebut. Jangan menganggap tulisan banyak bisa dikatakan berkualitas, karena bisa saja ada beberapa hal yang tidak perlu dituliskan, justru dituliskan oleh pelamar.

   - Perhatikan Kualitas Surat Yang Akan Dikirim

Kualitas dalam hal ini berkaitan dengan isi surat, tulisan, gaya bahasa dan kertas yang digunakan. Hal-hal tersebut harus dipastikan sesuai dengan standar. Isi surat harus jelas, tulisan harus rapi, gaya bahasa yang digunakan harus disesuaikan, serta menggunakan kertas yang bersih.

   - Lakukan Pengecekan Ulang Ketika Hendak Dikirim

Setelah Anda menyelesaikan pembuatan surat lamaran kerja, Anda bisa mengecek ulang secara mendetail. Ini berguna agar ketika dikirim, surat tersebut sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jika terjadi kesalahan, Anda bisa membuat ulang dengan menghindari kesalahan yang tadi. Akan lebih memudahkan jika surat tersebut dibuat menggunakan komputer sehingga tidak boros dari segi kertas, tenaga maupun waktu.

Format Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran Kerja memiliki Format Dasar yang hampir mirip dengan surat surat lainnya antara lain

    Tanggal Surat
    Tanggal surat tentunya juga sangat penting dalam penulisan lamaran kerja karena akan mengetahui surat tersebut kapan dibuat

    Penerima dan Alamat Surat
    Dibawah Tanggal Surat adalah Penerima dan alamat . Untuk penulisan penerima anda harus menggunakan istilah Bapak ataupun Ibu , jika didalam poster menuliskan HRD kamu cukup bisa menggunakan kata HRD. Dan untuk alamat Sebisa mungkin menulis lengkap .

    Perihal
    Perihal adalah maksud dari menulis surat tersebut .dan karena ini adalah lamaran maka kamu bisa menggunakan Lamaran Kerja sebagai perihal

    Salam pembuka
    Untuk tujuan resmi dan formal gunakanlah kata seperti Dengan Hormat

    Isi Surat
    Isi surat berisi tentang mengapa kita membuat surat ini. Kita bisa mengisi surat dengan menjelaskan tentang diri kita sendiri dan posisi apa yang ingin dilamar dan tentunya apa saja lampiran yang ada dalam berkas.

    Salam Penutup
    Setelah mengisi isi surat maka surat harus di tutup dengan salam penutup yang formal

    Tanda Tangan
    Gunakanlah tanda tangan seperti tanda tangan di Kartu Tanda Pengenal dan gunakan tanda tangan yang baik

    Nama Lengkap
    Tuliskan nama lengkap beserta gelar yang anda miliki.

Kepada Yth.
HRD PT. Moratel Mediatama
Jl. Gagak Hitam No. 21 Medan

Dengan adanya surat lamaran pekerjaan ini, saya bermaksud untuk mengajukan diri untuk dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini:

Nama : Melania Afani
Alamat : Jl. Sekar Indah No. 03, Medan
Tempat dan Tanggal Lahir : Medan, 17 Agustus 1989
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : SMA
Nomor Handphone : 081382739283

Untuk meyakinkan Bapak/Ibu, saya turut melampirkan dokumen berikut :

Pas foto 4 x 6 sebanyak 4 lembar
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
Foto Copy Kartu Keluarga
Foto Copy Surat Ijin Mengemudi
Foto Copy Ijazah Terakhir

Demikian surat lamaran pekerjaan saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya harap Bapak/Ibu dapat menerima saya di perusahaan yang dipimpin. Atas segala perhatiannya, saya secara pribadi mengucap banyak terimakasih.

Hormat Saya


Melania Afani

Saya rasa cukup disini dulu bagaimana penjelasan mengenai bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.